• 21 Hari Vegan

Rendang Seitan

Diperbarui: 10 Nov 2019


Bahan Bumbu Rendang:

1 kg Seitan (jika tida bisa nemu seitan, silakan cek resep home made seitan di bawa

1500 ml santan

2 lembar daun salam

1 sdt merica

1 sdt ketumbar bubuk

2 sdt garam

2 sdt gula merah

2 batang sereh (geprek)

Bumbu halus 👇

10 siung bawang merah

5 siung bawang putih

15 buah cabai merah keriting

3 buah cabai rawit

8 butir kemiri

1 cm lengkuas


Bahan Seitan:

1 sdm minyak zaitun (atau minyak apa pun)

1 bawang kuning atau putih besar dipotong dadu

2 siung bawang putih cincang

1/3 sdt garam

1 sdt paprika

1/2 sdt bumbu penghitam (atau campuran bumbu lainnya, atau paprika tambahan)

2 sdm pasta tomat

1 cangkir kaldu sayuran rendah sodium

1 sdm kecap rendah natrium (opsional; hindari kedelai gratis)

1/4 cangkir tepung buncis

2 sdm nutrisi ragi

1 dan 1/2 cangkir gluten gandum


Cara Membuat Seitan:

  1. Panaskan minyak zaitun dalam wajan di atas api sedang. Tambahkan bawang dan garam, dan masak selama 5-7 menit, aduk terus, sampai bawang agak melunak.

  2. Kecilkan api sedang-rendah dan tambahkan bawang putih dan aduk. Masak selama 2-3 menit, sampai bawang putih melunak dan harum. Tambahkan paprika manis dan rempah-rempah lainnya ke dalam wajan, aduk, dan masak selama 60 detik atau sampai wangi. Angkat dari api.

  3. Gunakan spatula untuk memindahkan campuran bawang-bawang putih, termasuk minyak, ke blender atau pengolah makanan. Tambahkan pasta tomat, kaldu sayuran, saus kedelai jika menggunakan, tepung buncis, dan ragi nutrisi. Blender sampai halus. (Tepung buncis mentah rasanya tidak enak jadi saya tidak merekomendasikan untuk mencicipi ini).

  4. Pindahkan campuran ke dalam mangkuk dan tambahkan gluten gandum, lalu aduk sampai merata. Setelah diaduk, gunakan tangan anda untuk meremas campuran sampai menjadi lebih kencang dan sedikit kenyal, sekitar 2 menit.

  5. Siapkan air mendidih dan pengukus. Pastikan untuk menambahkan banyak air karena ini akan mengepul untuk waktu yang lama. Bentuk adonan menjadi gumpalan berbentuk log dan kemudian menggulungnya erat-erat dalam sepotong tin foil, memutar ujungnya dengan erat. Tergantung pada ukuran dan bentuk pengukus anda, anda mungkin perlu memisahkannya menjadi dua bagian.

  6. Setelah air mendidih, kukus adonan gluten yang telah dibungkus selama 1 jam, dengan hati-hati membalikkannya setengah jalan.

  7. Biarkan seitan yang sudah mateng dingin pada suhu kamar, lalu buka dan taruh di wadah kedap udara di dalam kulkas selama minimal 8 jam. Untuk hasil terbaik, potong seitan sesuai bentuk rendang dan bisa simpen di lemari es hingga satu minggu.


Cara Membuat Rendang:

  1. Haluskan bumbu halus menggunakan blender, panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu hingga harum, tambahkan daun salam dan tunggu hingga matang.

  2. Kemudian masukan seitan, kecilkan api dan masukan santan aduk pelan", setelah mendidih tambahkan garam,merica bubuk,kaldu bubuk,Masako, gula. Diamkan hingga air menyusut.

  3. Sesekali di aduk supaya tidak gosong, masak Sampai santan mengeluarkan minyak. Selesai

IKUTI KAMI:

  • Instagram

DIDUKUNG OLEH: