Halo,

Banyak orang berpikir bahwa pola makan berbasis nabati menjadi lebih sulit dilakukan saat harus makan di luar. Hari ini kita akan belajar, bahwa hanya dengan sedikit kreativitas, dan pikihan tempat yang tepat, menemukan makanan vegan di restoran bisa menjadi lebih sederhana.

Tentu saja, cara termudah untuk memastikan makanannya berbasis nabati adalah dengan pergi ke restoran vegan atau vegetarian! Beberapa bisa kamu temukan dalam daftar ini:

Jika kamu tidak memiliki pilihan untuk pergi ke restoran tersebut, atau  kamu akan pergi makan di luar bersama teman-temanmu yang omnivora, jangan khawatir. Banyak masakan dari berbagai negara yang juga menyediakan makanan berbasis nabati yang cukup variatif.

 

Indonesia

Hampir semua tempat makan di Indonesia, baik itu kafe, restoran, maupun warung makan, mempunyai menu tempe dan tahu dalam menu mereka. Masakan Sunda, khususnya, menjadi tempat yang sangat ramah untuk para vegan. Karena produk susu baru beberapa dekade ini saja muncul di tanah air, banyak masakan tradisional yang memang tidak memakai bahan ini, yang berarti kita tidak perlu khawatir mengenai saus atau bumbu yang digunakan. Kita hanya perlu mengganti protein hewaninya menjadi protein berbasis nabati.

 

Jepang

Saat makan di restoran Jepang, cari menu yang menggunakan tahu atau rumput laut jenis wakame karena biasanya menu tersebut vegan. Kebanyakan dari adonan tempura tidak menggunakan telur, tapi untuk memastikan lebih baik tanya terlebih dahulu sebelum memesan vegetable tempura. Untungnya, salad Jepang sangat enak dan saus wafu–, campuran wijen, kecap asin dan cuka, yang sering digunakan–, biasanya vegan.

 

Itali

Nah, memakan masakan dari negara ini harus agak berhati-hati, karena mereka banyak menggunakan keju dan heavy cream. Tetapi tentu saja ada cara membuat masakan negara ini menjadi vegan. Pertama, tanyakah apakah pastanya mengandung telur. Jika bebas telur, kamu bisa memesan aglio e olio dengan tidak memakai garnish keju. Sebagai makanan pembuka, tanyakan apakah ada roti sourdough – karena biasanya roti ini juga vegan. Daripada menggunakan mentega untuk rotinya, oleskan minyak zaitun atau cuka balsamic untuk membuat makanannya lebih berbumbu dan sedap.

 

Cina

Chinese Food identik dengan banyak protein hewani. Tapi untungnya, berbagai restoran juga hampir selalu menggunakan tahu di masakan mereka. Jadi saat memesan kwetiau, mie, nasi ataupun menu-menu lainnya, komunikasikan saja untuk mengganti daging atau ayam nya dengan tahu.

Meksiko

Siapa yang tidak suka makanan Meksiko? Enak, segar, dan penuh warna! Beruntung bagi kita, burrito atau taco sangat mudah untuk dibuat menjadi vegan. Tinggal minta saja untuk tidak memakai daging dan keju, dan minta kacang atau guacamole lebih banyak.

 

Timur Tengah

Berita baik dari Timur Tengah... Karena selai hummus dan roti pita 100% nabati! Hummus, atau selai yang terbuat dari kacang arab, tidak hanya rasanya enak tetapi juga sumber protein nabati yang sangat baik. Bahkan, masakan Timur Tengah juga sebetulnya memiliki cukup banyak variasi makanan vegan yang kaya nutrisi, seperti baba ganoush, falafel, fattoush salad atau shoarma. Hanya saja, pastikan saat memesan untuk tidak memakai bahan keju feta atau saus tzatziki karena keduanya tidak vegan.

India

Walaupun lebih dari 400 juta orang India adalah vegetarian, para vegan harus berhati-hati karena masakan mereka biasanya banyak menggunakan produk susu. Kebanyakan restoran biasanya mengakomodasi para vegan dengan mensubstitusi penggunaan susu dan krim menjadi santan, atau juga mengubah bahan hewani menjadi protein nabati seperti lentils dan kacang hijau. Cobalah beberapa masakan India seperti Chana Masala, Mung Daal, Sayuran Briyani, Hara Bhara Kebab dan Baingan Bharta. Pastikan saat memasak, mereka juga tidak menggunakan ghee, atau mentega dari susu yang sudah dicairkan untuk pengganti minyak. Bahan ini mudah disubstitusi dengan minyak kelapa.

Salad bar

Konsep sehat yang dibawa dari negara barat adalah dalam bentuk salad bar. Di tempat ini, biasanya tersedia banyak pilihan protein dan bahan berbasis nabati yang cukup variatif. Ini selalu menjadi pilihan tempat makan yang aman buat para vegan dan vegetarian.

Tips yang mungkin akan berguna untuk teman-teman adalah untuk selalu membawa sandwich atau snack sehat seperti kacang, buah segar/kering, atau energy bar di dalam tas, sehingga kita selalu memiliki opsi makanan jadi tidak perlu khawatir saat bepergian :)

Silakan lihat daftar restoran di bawah ini yang secara langsung atau tidak langsung mendukung kita melakukan tantangan 21 hari ini.

Atau klik di bawah ini untuk melihat resep yang berkelas restoran!

IKUTI KAMI:

  • Instagram

DIDUKUNG OLEH: