Hi (name),

Kamu sedang ada di hari kelima di 21 Hari Vegan Challenge, tetap semangat! Di hari keempat, kita sudah membahas bahwa pola makan berbasis nabati dapat memberikan banyak manfaat penyembuhan untuk penyakit kronis. Hari ini kita akan membahas isu kesehatan lain yang juga diderita banyak orang, termasuk generasi muda, yaitu kesehatan emosional dan mental. Ternyata, pola makan sangat berpengaruh terhadap kondisi emosional kita.

Orang-orang dengan gangguan kesehatan mental, mempunyai kadar inflamasi atau peradangan lebih tinggi di dalam tubuhnya. Beberapa penyakit seperti demam dan juga diabetes, kondisi tubuh setelah vaksinasi dan konsumsi obat keras, dapat memicu inflamasi di dalam tubuh. Ini semua dapat menimbulkan efek samping yang buruk untuk kesehatan emosional.

90% serotonin atau happy hormone diproduksi dalam sistem pencernaan oleh bakteri fermentasi. Ada korelasi hampir 100% antara penyakit usus dan peningkatan kecemasan (anxiety).

Gejala depresif yang berhubungan dengan kenaikan semua indikator peradangan di dalam tubuh antara lain;

  • pola makan bersifat peradangan menaikkan resiko depresi

  • pola makan tinggi buah dan sayur mengandung tinggi antioksidan

  • pola makan rendah karbohidrat memiliki efek yang masif pada suasana hati 

Tentu saja depresi adalah kondisi yang sangat serius dan jika kamu seorang pengidap gangguan depresi, kamu harus mendapatkan penanganan profesional. Namun dapat diingat bahwa pola makan kamu juga bisa membantu!

Yuk, cek resep super sehat di bawah ini!

Indonesian Peanut Salad

Broccoli Green Peas Soup

Gulai Nangka

Sampai bertemu lagi besok!

IKUTI KAMI:

  • Instagram

DIDUKUNG OLEH: