Halo lagi,

Kita sampai di hari keempat dari  “21 Hari Vegan", dan hari ini kami ingin memberitahukan sesuatu yang luar biasa.! Banyak peneliti dan jurnal ilmiah sudah membuktikan bahwa pola makan berbasis nabati sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Lihat manfaatnya di bawah ini!

Penyakit jantung

Pola makan berbasis nabati adalah satu-satunya pola makan yang terbukti  mencegah, memberhentikan, dan membersihkan penumpukan lemak dalam pembuluh darah yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

Kelebihan berat badan dan obesitas

Pola makan tinggi produk hewani diasosiasikan dengan tingkat obesitas yang lebih tinggi. Beberapa studi yang mengubah pola makan pesertanya menjadi vegetarian atau vegan selama minimal 4 minggu menunjukkan rata-rata hasil penurunan berat badan sebanyak 4.6 kg! Beragam studi ini mengeluarkan kesimpulan yang sama; semakin lama pola makan berbasis nabati dijalani, akan semakin signifikan pula efek baik yang dirasakan.

Hiperkolesterolimia

Pola makan tanpa produk hewani terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang diasosiasikan dengan penurunan risiko signifikan bukan hanya terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah, tetapi juga isu kesehatan perempuan seperti endometriosis dan PCOS.

Hipertensi

Pola makan berbasis nabati sudah terbukti menurunkan tekanan darah dari orang-orang yang mempunyai hipertensi. Bahkan jika saat ini kamu tengah mengonsumsi obat darah tinggi, dengan menerapkan pola makan berbasis nabati, secara perlahan kamu dapat mengurangi dosisnya obat sampai ke tahap off-medication atau di mana tekanan darahmu bisa kembali normal tanpa obat. 

Diabetes

Pola makan vegan juga terbukti dapat mencegah, menghentikan perkembangan, dan juga di banyak kasus–, menyembuhkan diabetes. Sebaliknya, pola makan tinggi protein hewani menaikkan resiko diabetes. 

Kanker

Institusi seperti World Health Organization (WHO), The Global Fund for Cancer Research, serta Cornell University, sudah membuktikan bahwa daging merah dan daging olahan menaikkan resiko kanker usus, prostat, dan payudara. Sedangkan, buah, sayur, polong-polongan dan protein nabati seperti kedelai dalam jumlah banyak dapat menurunkan resiko berbagai jenis kanker.

Endometriosis & PCOS 

Pola makan vegan dapat menyembuhkan 2 isu kelainan rahim yang diderita oleh banyak wanita, Endometriosis dan Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS). Selain kaya antioksidan, dengan mengonsumsi banyak bahan berbasis nabati akan meningkatkan kemampuan badan kita membersihkan kadar hormon estrogen berlebih dalam tubuh.

Jika kamu ingin memaksimalkan manfaat dari pola makan berbasis nabati ini, buatlah makananmu sendiri di rumah dengan bahan yang alami, dan hindari bahan dari pertanian industrial untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi. Jangan lupa, di Veggie Guide banyak resep yang dapat kamu coba :)

Burger Tahu

Fish n Chips Vegan

Spring Roll dengan Saus Kacang

Sampai bertemu lagi besok!

IKUTI KAMI:

  • Instagram

DIDUKUNG OLEH: