Hi (name),

High-five! Kamu sudah ada di hari ke-3 dari 21 Hari Vegan Challenge! Hari ini kita akan belajar mengenai sesuatu yang akan kamu lakukan setiap hari: bagaimana mengatur gizi seimbang di piringmu.

Penting untukmu mengetahui bagaimana cara melihat nutrisi dari bahan makanan, jadi kamu bisa memilih makanan yang baik dengan porsi yang tepat, sehingga memastikan kamu mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Yuk kita cek panduan sederhana di bawah ini!

  • Isi sepertiga (30%) piringmu dengan sayuran: entah dalam bentuk mentah, masak, (atau keduanya), sayuran harus menjadi sepertiga bagian dari piringmu. Contoh: selada, timun, tomat, kol rebus, tumis kangkung, cah brokoli, sup bayam.

  • Isi sepertiga (30%) piringmu dengan karbohidrat: ini adalah sumber energi utama kita dan harus menjadi sepertiga bagian dari piringmu. Sebaiknya selalu pilih karbohidrat kompleks (nasi merah, kentang, jali-jali, ubi-ubian, jagung, oat) ketimbang produk-produk tepung seperti roti, donat, mie, atau spaghetti, karena nutrisinya lebih lengkap dan dapat lebih mengenyangkan untuk waktu yang lebih lama. 

  • Isi seperenam (15%) piringmu dengan lauk pauk: edamame, tempe, tahu, kacang merah, garbanzo, dan kacang polong, adalah beberapa contoh lauk pauk nabati yang tinggi serat dan protein. Jadikan mereka seperenam bagian dari piringmu. Jika kamu adalah seseorang yang aktif dan berolahraga, porsi ini bisa dinaikkan menjadi seperempat (25%) piringmu.

  • Isi seperenam (15%) piringmu dengan buah: buah kaya akan Vitamin C.: Pastikan tubuhmu mendapat asupan vitamin C 90 miligram sehari untuk 2 hal; menjaga badan tetap bugar dan menaikkan penyerapan zat besi di dalam tubuh. Ini bisa didapatkan dengan mudah dari 3 buah jeruk atau 2 gelas jus jeruk, 1.5 porsi pepaya, separuh buah nanas palembang, atau 1 gelas jus jambu merah.

  • Tambahkan lemak baik: kita butuh sumber lemak makanan untuk membantu penyerapan banyak vitamin seperti A, D, E, K. Pilihlah lemak yang baik seperti alpukat, kacang-kacangan seperti kacang tanah & mete, dan biji-bijian seperti biji bunga matahari dan biji labu, berbagai minyak seperti minyak kelapa, zaitun, dan juga flaxseed (biji rami).

Cek resep di bawah ini untuk membantu melengkapi komposisi nutrisi di piringmu!

Kale Pineapple Smoothie Bowl

Keju Kacang Mete

Broccoli Mushroom Balls

IKUTI KAMI:

  • Instagram

DIDUKUNG OLEH: