Selamat (name)!

Kamu baru saja menyelesaikan 21 Hari Vegan Challenge! Kamu betul-betul luar biasa :) 

Tidak hanya melakukan sesuatu yang baik untuk tubuhmu, tetapi di dalam proses ini, kamu juga menyelamatkan banyak hewan dan juga sumber daya alam bumi kita.

Yang sudah kamu selamatkan dalam 21 hari ini adalah:

  • 21 hewan di darat atau binatang laut

  • 190 kilogram CO2

  • 422 kilogram biji-bijian

  • 57 m2 hutan

  • 86,182 liter air

Ini sesuatu yang sangat mengagumkan! Dan bayangkan... Ini baru 21 hari. Coba kamu pikirkan dampak yang dapat kamu berikan dalam jangka waktu 6 bulan, 1 tahun atau bahkan 2 tahun!

Setelah kamu selesai melakukan selebrasi, saya ingin mengajak kamu untuk mendiskusikan sekali lagi tentang masa depan pola makanmu. Di titik ini, kamu mungkin berpikir apakah kamu tetap mencoba untuk menjadi vegan atau kembali ke pola makanmu yang lama. Tapi apakah kamu tahu bahwa ada banyak jenis pola makan yang ada di tengah-tengah? Walaupun saya pribadi akan selalu mendukung 100% pola makan berbasis nabati, saya juga adalah pendukung pola makan alternatif seperti vegetarian, pescaterian atau bahkan flexitarian.

Vegetarian

Pola makan ini cukup populer karena selain sebagian besar porsi makan nya berbasis nabati, tetapi juga dianggap tidak terlalu ketat karena masih dapat mengonsumsi produk susu, telur dan madu. Aturan paling utama adalah menjauh dari daging merah, ayam, dan juga hewan laut. 

Pescetarian

Makin banyak orang mengurangi dan bahkan menghilangkan daging merah dan ayam dari piring mereka. Pescaterian adalah pola makan yang cocok bagi orang yang ingin menjadi plant-based tetapi belum bisa sepenuhnya absen dari produk hewani seperti makanan laut, telur dan produk susu. Untuk saya pribadi, aturan paling utama adalah menjauh dari daging merah dan ayam.

Flexitarian

Banyak dari generasi muda yang mulai mengidentifikasi dirinya sebagai flexitarian; seseorang yang akan sering mengkonsumsi pola makan berbasis nabati tapi kadang-kadang akan makan bahan berbasis hewani dalam kadar yang sewajarnya. Seorang yang flexsitarian biasanya akan memilih opsi makanan berbasis nabati jika ada, tapi akan mentoleransi batasan tersebuti saat opsi makanan sangat sedikit. Pola makan ini cocok untuk orang yang ingin mulai berkontribusi terhadap kesejahteraan hewan dan lingkungan, tetapi belum siap untuk menjalani pola hidup 100% vegan.

Chegan

Alias - cheating vegan. Suatu istilah yang baru-baru ini populer! Chegan adalah seorang vegan yang lebih fleksibel dan ada hari-hari cheat day. Contoh, kamu mungkin masih memakan pizza atau es krim non-vegan sesekali, tetapi berkomitment untuk makanan vegan 100% untuk sebagian besar hari.

Manapun pola makan atau pola hidup yang kamu pilih, saya percaya, dengan dibekali informasi yang baru, kamu akan memilih yang terbaik. Selalu sehat dan sukses ke depannya, dan jangan sungkan untuk DM saya atau comment di instagram saya @maxmandias, atau kolega saya yang juga berkontribusi dalam 21 Hari Vegan Challenge, @justannabella dan @willyyonas, kami akan menjawab pertanyaanmu satu per satu. Sama seperti saya yang sangat senang bisa membimbing kamu kalian, saya juga berharap kamu menikmati dan terinspirasi di 21 Hari Vegan Challenge ini!

Sekali lagi terima kasih, sampai berjumpa!

Mari kita rayakan dengan resep es krim cokelat yang100% vegan ini!

Nice Cream Cokelat

IKUTI KAMI:

  • Instagram

DIDUKUNG OLEH: