Hi friends,

Selamat datang di hari ke-2! Cara terbaik untuk membuat perubahan pola makan selama 21 hari ini, adalah dengan memastikan bahan-bahan makanan yang kamu butuhkan tersedia di rumah. Sebab ketika kamu lapar, apapun yang ada di dapur adalah pilihan pertamamu! Karenanya, hari ini kita akan memberikan petunjuk bagaimana menentukan bahan-bahan yang penting ada dalam daftar belanjamu :) 

Bahan- bahan di bawah ini bisa ditemukan di supermarket, pasar, toko online, juga bulk store (toko bahan makanan tanpa kemasan plastik).

Buah dan sayuran: Konsumsi buah dan sayur secara rutin akan memastikan kamu mendapatkan asupan vitamin, mineral dan antioksidan! Jika kamu tidak ingin over budget saat belanja, pilihlah buah dan sayuran lokal sesering mungkin. Pedoman dasarnya adalah, semakin gelap atau cerah warna buah atau sayuran, semakin banyak pula kandungan nutrisinya!

Kacang-kacangan: Ini adalah sumber protein dan lemak baik. Konsumsi kacang secara rutin terbukti dapat menurunkan berat badan, karena membantumu merasa kenyang lebih lama. Contohnya adalah kacang mete, kenari, kacang tanah, dan almond. 

Polong-polongan: Tempe, tahu, kacang polong, kacang arab (chickpea/garbanzo), lentil, kacang hijau dan kacang merah, adalah sumber pangan nabati yang kaya serat, zat besi, zinc dan tinggi protein!

Biji-bijian: Sumber zat besi, kalsium, dan biasanya juga sumber Omega 3 yang sangat baik. Beberapa contoh biji-bijian adalah: biji wijen, chia, dan flax (biji rami). 

Karbohidrat kompleks: Karbohidrat adalah sumber energi utama, tetapi tidak semua karbohidrat kualitasnya sama! Pilihlah jenis karbohidrat kompleks seperti beras cokelat, beras merah, jali-jali (barley), oat, ubi, kentang, quinoa dan singkong sesering mungkin.

Mie dan pasta kering:  Selain mengenyangkan, bahan kering seperti bihun, kwetiau, spaghetti, dan berbagai jenis pasta lainnya, dapat disiapkan dengan mudah dan cepat.

Bumbu dapur: Rempah-rempah akan membawa kamu mencoba beragam rasa baru, padukan dengan kaldu jamur yang banyak tersedia di supermarket. Tak ada salahnya untuk memanjakan indera pengecapmu -dengan bahan-bahan eksotis yang belum pernah kamu coba sebelumnya.

Bahan pengganti susu: Zaman sekarang mudah sekali mendapatkan substitusi dari produk tradisional seperti susu. Misalkan susu sapi, dapat diganti dengan berbagai jenis susu dari sumber nabati seperti kedelai, almond, mete, dan bahkan beras. 

Bahan pengganti protein hewani: Banyak orang yang menyukai tekstur protein hewani. Kabar baiknya adalah, dengan perkembangan teknologi, banyak sekali sumber pangan nabati yang dapat memberikan tekstur yang sama! Beberapa contohnya adalah: kulit tahu, caipo (lobak kering), berbagai jenis jamur (shiitake, tiram, kancing), dan produk kedelai olahan. Jangan ragu untuk mencoba! Lihat brand guide- nya di sini.

Klik tautan di bawah ini untuk ide resep dari bahan polong-polongan, kacang-kacangan dan karbohidrat kompleks!

Broccoli Green Peas Soup

Mushroom Balls Bolognese

Burger Kacang Merah

IKUTI KAMI:

  • Instagram

DIDUKUNG OLEH: