Halo (name),

Kita ada di hari ke-15, dan saya berharap sejauh ini kamu menikmati perjalanan pola hidup vegan dan sudah merasakan manfaat kesehatan dari pola makan berbasis nabati.

Berbicara tentang kesehatan, tahukah kamu bahwa beberapa populasi dengan umur terpanjang di dunia juga mengonsumsi sebagian besar kalorinya dari sumber nabati? Ada beberapa tempat di bumi yang disebut dengan ‘Blue Zones’ atau ‘Zona Biru’, di mana orang-orang yang mencapai umur 100 tahun di tempat tersebut, lebih banyak dibandingkan populasi pada umumnya. Dan bukan hanya umur yang lebih panjang, tetapi mereka juga mempunyai kesehatan dan  kualitas hidup yang tinggi.

Ada 5 lokasi di dunia yang masuk dalam kategori ‘Blue Zones’:

  1. Okinawa, Jepang

  2. Loma Linda, California

  3. Nicoya, Kostarika

  4. Sardinia, Itali

  5. Ikaria, Yunani

Selain mengonsumsi sebagian besar kalorinya dari sumber nabati, ‘Blue Zones’ juga menyukai karbohidrat kompleks (lihat email hari ke-11). Setiap daerah ini mempunyai makanan pokok yang berbeda-beda, contohnya Okinawa menyukai ubi dan beras, Sardinia dengan barley atau jali-jalinya, Loma Linda dengan oat dan berbagai jenis kacang, Kostarika dengan jagung di hampir semua masakannya, dan Ikaria dengan kentang dan salad sayuran segarnya.

Jika kita melihat yang paling dekat dengan Indonesia, yaitu Okinawa, kita dapat melihat ternyata konsumsi ubi-ubian dan beras merah dapat memberikan kesehatan jangka panjang. Di Indonesia, kita memiliki banyak jenis ubi mulai dari ubi ungu, singkong, ketela, dan lainnya (lihat gambar di bawah). Selain itu mereka juga mengonsumsi berbagai produk kedelai dalam bentuk tahu, miso, atau natto. Di Indonesia, kita memiliki beberapa hasil olahan kedelai yang juga sangat sehat yaitu tempe, oncom, dan kulit tahu.

Jadi jika kita ingin hidup sehat sampai 100 tahun, ada 2 pesan utama dari segi makanan yang bisa kita ambil setelah melihat populasi ‘Blue Zones’. Yang pertama, makanlah 90-100% bahan berbasis nabati, dan kedua, konsumsilah karbohidrat kompleks setiap hari.

Klik link di bawah untuk melihat resep-resep vegan:

Vegan Chocolate Pudding Dengan Vanilla Vla

Pineapple Kale Smoothie Bowl

Tempe Steak Korea

IKUTI KAMI:

  • Instagram

DIDUKUNG OLEH: