Halo (name),

Karbohidrat adalah bahan bakar pertama yang akan dipakai oleh tubuh manusia. Hampir semua karbohidrat ditemukan di sumber pangan nabati. Hari ini, kita akan membicarakan mitosnya! Lebih spesifik lagi, mitos yang mengatakan karbohidrat itu buruk dan menyebabkan kegemukan.

Buah dan sayuran termasuk sumber karbohidrat. Dan sudah terbukti bahwa mengonsumsinya secara jangka panjang, dapat mengurangi resiko penyakit dan juga kematian dini. Jadi, sangatlah tidak masuk akal jika ada orang yang bilang bahwa semua karbohidrat itu buruk!

Yang perlu diketahui adalah ada 2 jenis karbohidrat, sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana, adalah jenis karbohidrat yang cepat dicerna dan diserap oleh tubuh. Contoh karbohidrat sederhana adalah gula putih, roti manis, minuman kemasan, mie instan, dan sebagainya. Jenis karbohidrat ini dapat menaikkan berat badan dan juga menaikkan resiko penyakit kronis, jika dikonsumsi berkepanjangan.

Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat dalam bentuk nabati utuh, atau kalaupun diproses hanya seminimal mungkin. Walaupun jenis karbohidrat ini butuh waktu lebih panjang untuk dicerna, mereka kaya akan nutrisi dan juga serat. Contoh karbohidrat kompleks adalah beras cokelat, ubi-ubian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran berdaun hijau. Manfaat positif karbohidrat pada kesehatan bisa diperoleh dengan banyak mengonsumsi bahan-bahan karbohidrat kompleks secara rutin.

Menariknya, pola makan tinggi karbohidrat juga terbukti bagus untuk kesehatan mental. Sebuah studi mengamati 100 orang yang dibagi menjadi dua grup (tinggi karbohidrat dan rendah karbohidrat), dan dilakukan selama satu tahun untuk meneliti pengaruhnya terhadap mood dan fungsi kognitif. Hasil penelitian ini menemukan, 8 dari 9 penanda mood yang diteliti (seperti rasa cemas, gejala depresif, mood swings, dll) menunjukkan hasil positif pada kelompok orang yang mengonsumsi karbohidrat lebih tinggi. 

Seperti biasa, di bawah ini saya bagikan resep lezat yang menggunakan bahan karbohidrat kompleks:

Bubur Manado

Vegan Omelette

No Bake Brownies

IKUTI KAMI:

  • Instagram

DIDUKUNG OLEH: