Halo (name),

Luar biasa! Kita sekarang ada di hari ke-10 di Vegan Challenge!

Banyak dari kita sudah dikondisikan sejak dini oleh media dan orang-orang di sekitar kita, bahwa susu sapi adalah makanan ideal untuk mencukupikalsium yang dibutuhkan oleh tulang dan masa pertumbuhan. Namun hasil dari penelitian ilmiahnya, tidak memberikan bukti yang sama.

Menurut Universitas Harvard, produk susu bukan sumber kalsium terbaik, karena sangat tinggi akan lemak jenuh. Bahkan, beberapa studi menemukan adanya kemungkinan produk susu sapi justru menjadi salah satu penyebab osteoporosis, atau kerapuhan tulang.

Untungnya, ada banyak bahan makanan lain yang dapat memberikan kalsium, dan juga lebih sehat karena rendah lemak. Rata-rata, orang dewasa membutuhkan 800 – 1200 mg kalsium setiap harinya, jumlah yang dengan mudah kita dapatkan dari pola makan berbasis nabati.

Di bawah ini adalah beberapa sumber pangan nabati yang tinggi akan kalsium:

Satu fakta penting mengenai kalsium nabati adalah; sebaiknya dimasak terlebih dahulu dengan kelembaban tinggi; tumis, sup, kukus dan rebus. Metode goreng deep-fried sebaiknya tidak digunakan karena suhu tinggi yang kering dapat membuat makanan tersebut menjadi asam secara pH, dan berpotensi menghilangkan kadar kalsium di bahan makanan tersebut. Untuk biji-bijian dan kacang, sebaiknya juga direndam selama 6 jam, direbus, disangrai, atau ditumbuk terlebih dahulu.

Seperti biasa, di bawah ini saya bagikan resep lezat yang tinggi akan kalsium:

 

Cashew PB Energy Balls

Burger Tahu

Broccoli Mushroom Balls

 

IKUTI KAMI:

  • Instagram

DIDUKUNG OLEH: