Hai!

Semoga harimu menyenangkan. Sekali lagi, terima kasih telah berpartisipasi di 21 Hari Vegan Challenge!

Selama beberapa hari ke depan, kamu akan mendapatkan banyak informasi mengenai cara memasak, bahan, dan serta rasa yang baru. Tidak perlu khawatir! Vegan, atau pola makan berbasis nabati, bisa sangat lezat, mudah, dan juga bernutrisi.

Untuk hari ini, kita berfokus untuk mengadaptasikan bahan pangan berbasis nabati ke dalam makanan kita sehari-hari. Kami mau mengajakmu mengecek Veggie Guide, di mana kami memberikan banyak resep vegan yang menarik untuk kamu coba. Veggie guide ini akan menjadi teman baikmu selama 21 hari ke depan!

Sarapan:

Banyak orang mengkonsumsi telur untuk sarapan, dan untuk 21 hari kedepan bahan ini akan kita ganti. Telur paling mudah digantikan dengan tahu. Kita masih bisa menikmati nasi atau bihun goreng, dan cukup ganti telur dengan tahu untuk sumber protein.

Jika kamu suka menu sarapan bergaya “western” seperti bubur oat, sereal, dan granola, kamu bisa menggantikan susu sapi dengan banyak susu berbasis nabati seperti susu kedelai, almond, mete, oat, dan masih banyak lainnya.

Untungnya bagi kita yang tinggal di Indonesia, ada banyak alternatif menu sarapan vegan seperti: buah potong, bubur kacang hijau, bubur sumsum, dan bubur ketan hitam.

Makan siang dan malam:

Jika kamu biasanya tidak memasak, dan ini adalah hari pertamamu di “Veggie Day”, pilihan paling mudah adalah pergi ke warung makan prasmanan (warteg, rumah makan Sunda, warung rames). Di sana kamu bisa menemukan berbagai jenis makanan dari tempe, tahu, sayur asem, kupat tahu, dan juga memilih hidangan sayur seperti terong, kangkung dan buncis. Pilihan praktis lainnya adalah gado-gado, ketoprak, pecel dan karedok biasanya makanan seperti ini sudah vegan, cukup pastikan tidak ada telur yang ditambahkan.

Kita yang tinggal di Indonesia, sebetulnya sudah dimanjakan dengan berbagai protein nabati yang mudah didapat dan melimpah, seperti tempe, tahu, dan kacang merah. Jika kamu penyuka makanan pedas, kamu bisa menambahkan sambal untuk meningkatkan selera makanmu. Namun hati-hati dengan sambal terasi, karena masih memakai udang.

Ingatlah untuk selalu memasukkan sayuran segar ataupun matang ke dalam piringmu!

Camilan dan makanan ringan:

Tahukah kamu, bahwa pasar adalah tempat paling menyenangkan untuk mencari banyak ragam camilan enak dan vegan? Di pasar, kamu bisa menemukan banyak pilihan kue-kue tradisional, cincau, es potong, jamu, dan jajanan pasar lainnya.

Dan ingat: ini bukan perjalanan menuju kesempurnaan. Penting untuk kamu mencoba sebaik mungkin, tetapi jangan lupa untuk menjalani tantangan 21 hari ini dengan positif dan nyaman. Mari kita buat perjalanan ini menjadi menyenangkan :)

Buat kamu yang butuh ide, silahkan lihat 3 resep makanan yang 100% berbasis nabati dan tinggi protein, di bawah ini!

Cashew PB Energy Balls

Burger Kacang Merah

Tempe Bacon

IKUTI KAMI:

  • Instagram

DIDUKUNG OLEH: